Keajaiban inipun berkembang Sporadis di daerah selatan Amerika Serikat. Memphis,Mississippi,Arkansas,Tenessee,Lousiana.Seorang penulis lagu .Seorang Penulis lagu W.C Handy,mengaku terinspirasi menulis lagu ‘blues’ karena melihat seseorang tak dikenal di pinggir stasiun kereta memainkan gitar dengaan cara tak lazim,Dengan sepotong tulang-babi bolong yang digesekan pada senar gitar. Tak lama didaerah yang sama,bermunculan pemusik-pemusik blues yang mendapat kesempatan untuk diabadikan suaranya ; Son House,Charley Patton,diikiti Robert Johnson,dan McKinley “Muddy Waters” Morganfield ( yang kelak meneruskannya ke era ‘listrik’di Chicago pada tahun 1950-an).Daftar ini pun belum termasuk para ‘Bluesman’ lainnya seperti bukka White,Furry Lewis,Skip James,Blindboy Fuller,Blind willie Johnson,Reverend Gary Davis,Big Bill Broonzy dan banyak nama lainnya.
Kemunculan Beragam ‘Bluesman ‘ ini-pun membawanya ceritanya tersendiri sesuai dengan karakter masing-masing .Son House dan Charlie Patton misalnya,memiliki kualitas “Rural” atau “Agraris” yang serupa karena mereka berlalu-lalang di pertanian kapas dan bermain untuk para budak pemetik kapas yang berkumpul di “Juke Point” (yaitu gubug,kandang ternak ataupun dapur yang mereka jadikan tempat melepas penat).Walau demikian,perbedaan gaya mereka amatlah jelas. House yang mecekam dengan Intensitas memeras-meras setiap nada yang dihasilkan oleh gesekan slide perunggu disenar gitarnya.Patton,di lain pihak sangat cekatan dengan irama rhythm yang bersahutan.Di wilayah lain ,Blind Willie seorang buta yang telah ‘terlahir kembali’ sebagai pengikut Tuhan mewarisi Intensitas Son House dengan ‘Khotbah’ Gitar-nya sendiri yang membuat bulu kuduk merinding. Bukka White ,seorang mantan Napi yang beberapa lagu terkuatnya menceritakan kepasrahan nasibnya tertankap masuk bui. Lagu-lagu tersebut bahkan direkam ketika dirinya masih dalam tahanan dan ia memainkannya agar sang juru-rekam “mau pergi dan berhenti mengganggunya”.